Template by:
Free Blog Templates

Minggu, 07 Maret 2010

Intalasi Listrik Rumah Industri

Hal yang berkaitan dengan instalasi listrik industri :
Pengontrolan
Pengertiannya sih semua usaha yang dilakukan untuk membimbing proses sampe tujuan (kalo di sekolah mirip BK kali yah a.k.a Badan Konseling).
Fungsi dari pengontrolan :
>start
>waktu motor dalam keadaan jalan
>atur kecepatan, pembalikan arah putaran
>kontrol waktu penghentian motor
Pembagian sistem konrol :
>pengontrolan tangan (manual)
Katanya sih motor dikontrol langsung dengan tangan , menjalankan dan menghentikan motor hanya dengan saklar start dan stop.
>Kontrol semi otomatis
Pengertiannya kontrol mempunyai kontaktor magnit dan tombol tekan yg dilengkapi dengan kontrol perlindungan.. Start atau memulai dan mengakhiri proses dengan memakai tangan. Bedanya dengan manual dia mempunyai kontaktor magnit yg berguna untuk penyaluran tenaga.
>Kontrol otomatis
Dilakukan dengan kontrol oleh satu atau lebih alat kontrol otomatis, dimana start – stop dilakukan manual atau dengan alat bantu kontrol. Misal : saklar tekan batas (bahasa kerennya limit switch), saklar penunda waktu (katenye sih TDR = Time Delay Relay).
Pengaman
Ceritanya adanya pengaman ini sih karena adanya arus mengalir dalam penghantar sehingga menimbulkan panas, agar suhu penghantar tidak terlalu tinggi arus harus dibatasi sehinga menggunakan pengaman.
Pengaman gunanya untuk :
>mengamankan hantaran, aparatur dan motor listrik terhadap beban lebih.
>Pengaman terhadap hubung singkat antar fasa atau anatr fasa n netral terhadap hubung singkat dalam aparatur atau motor listrik
>Untuk pengaman hubung singkat dengan badan mesin atau aparatur.
Jenis – jenis pengaman itu kalo diliat sih terbagi 3 jenis :
>sekring
gunanya untuk pengaman bila terjadi hubung singkat, katenye penggunaan cuma sekali jadi kalo terjadi hubung singkat akan langsung putus a.k.a rusak. Sebenarya sih sekring diliat berdasarkan warna jadi ada warna biru gunanya tuk 20 Ampere n warna – warna lainnya (sorry gak sempet dicatet).
Bagian – bagian sekring
* tudung
* patron lebar (kalo gak salah)
* pengepas
* rumah sekring
Sorry kalo salah maklum lupa (udah tua kaleeee!!!!!)
>patron pisau
kagak tau kenape dinamain kayak senjata tajem begitu tapi emang sekilas kalo diliat pake sedotan mirip pisau cukur wkwkwkwk. Gunanya sih untuk pemakaian diatas 63 Ampere jadi biasanya sih bukan dipake untuk rumahan melainkan tuk industri.

>MCB (kate temen2 sih Mini Circuit Breaker tapi ada yg bilang juga Master tapi yg lebih parah waktu saya bilang Master Cover Box kan pas tuh MCB tapi kate temen sih itu bukan kepanjangan MCB Cuma tulisan doang di boks MCB nya)
Gunanya untuk pengaman beban lebih juga sama seperti sekring tetapi dia lebih berfungsi sebagai pembatas beban yang dipakai.
Jenis MCB yang ada di pasaran yaitu :
MCB 1 fasa (banyak di perumahan)
MCB 3 fasa (banyak di industri)
MCB sih kalo gak salah di sebut juga pengaman otomatis. Pengaman otomatis dapat dibagi 3 jenis berdasarkan proses pemutusan :
otomat L (untuk hantaran)
bila terjadi beban lebih maka elemen dwi logam memutus arus, tetapi kalo terjadi hubung singkat pengaman elektromagnetik yg memutuskan rangkaian. Untuk sumber AC 4 ln – 6 ln, DC 8 ln. Waktu 0,2 sekon.
otomat H (instalasi rumah)
secara thermis sama dengan H. Sumber AC 2,5 ln – 3 ln, DC 4 ln. Waktu 0,2 sekon.
otomat G
pengaman motor listrik kecil baik AC/DC, rangkaian akhir yg besar tuk penerangan. Sumber AC 8 ln – 11 ln, DC 14 ln.
Aturan penggunaan kabel berdasarkan warna :
R/L1 : merah
S/L2 : kuning
T/L3 : hitam
0 : biru
Pentanahan : kuning – hijau
Gambar nya sih pengen semua diperliatkan tapi sayang masih belum sempet mungkin pada saat posting selanjutnya karena masih ada 23 kali pertemuan lagi jadi diharapkan sih semua hal ini berguna bagi saya sendiri dan juga orang lain.

0 komentar:

Posting Komentar